Three Ideas Mudah Agar Produksi Asi Lancar Dan Melimpah

Three Ideas Mudah Agar Produksi Asi Lancar Dan Melimpah

Melihat foto atau mendengarkan tangisan bayi juga bisa digunakan sebagai cara merangsang payudara sehingga ASI keluar dengan deras. Bila kurang suka dengan kurma, kamu bisa mengonsumsi sari kurma yang sudah dikemas. Apalagi bayam juga mengandung enzim phytoestrogens yang akan memperbanyak ASI. Selain bayam, sayuran yang berwarna hijau tua lainnya juga mengandung zat besi yang tinggi untuk mencegah anemia. Selain itu, jika Bunda ingin menggunakan obat atau kontrasepsi saat masa menyusui, pilihlah jenis alat kontrasepsi yang tidak akan mengganggu suplai ASI. Bila perlu, konsultasikan terlebih dahulu ke dokter sebelum menggunakan pil KB atau alat kontrasepsi lainnya.

Atau, resep jamu menyusui tersebut sudah turun-temurun digunakan di keluarga dan terbukti khasiatnya, misalnya untuk meningkatkan produksi ASI. Bila masih terbatas pada manfaat yang diketahui secara testimoni, teori, maupun uji laboratorium sederhana, sebenarnya obat belum bisa diterima dan layak untuk dikonsumsi. Hal ini juga yang kerap terjadi pada produsen jamu di Indonesia. Berbagai hal akan dilakukan ibu menyusui agar produksi ASI melimpah. Salah satu cara yang kerap dilakukan adalah dengan minum jamu. Kandungan zat besi yang tinggi tersebut dikenal efektif untuk meningkatkan suplai ASI ibu menyusui.

Fenugreek juga memiliki kandungan asam omega 3 yang baik untuk perkembangan otak bayi. Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimum untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Saat ASI Ibu kurang keluar dengan lancar, cobalah menyusui dalam keadaan telanjang, sehingga Ibu akan melakukan kontak langsung dari kulit ke kulit dengan bayi. Hal ini akan menciptakan kedekatan emosi di antara Ibu dan bayi.

Tips agar asi melimpah saat menyusui

Penelitian yang dimuat dalam Jurnal SIKLUS di tahun 2018, mengamati ibu menyusui yang rutin minum jamu dari aneka campuran bahan alami. Ibu yang rutin minum jamu selama masa nifas dan menyusui, berpeluang 4 kali lebih besar untuk mengalami peningkatan produksi ASI daripada ibu yang tidak minum jamu. Selain pijat payudara, ibu juga bisa melakukan pijat oksitosin untuk meningkatkan produksi ASI. Sambil menyusui, Anda dapat melakukan pijat payudara Anda secara perlahan untuk memperlancar produksi ASI.

Aneka jenis sayuran khususnya yang berdaun gelap, seperti wortel, ubi, bayam, brokoli, daun katuk. Berbagai jenis sayur tersebut memiliki senyawa khusus di dalamnya bisa memperbanyak ASI. Makan bawang putih, karena memiliki kandungan senyawa galactagogue yang bisa memperbanyak ASI. Yang umum digunakan adalah pepaya, daun katuk, havermouth, wortel, bayam adalah beberapa contoh makanan yang baik untuk ibu menyusui. Sebisa mungkin hindari penggunaan supplemen atau obat-obatan sebagai cara memperbanyak ASI.

Saat bayi baru berumur tiga hari, lambungnya masih sebesar kelereng, Bun. Sebab dengan ukuran lambung sebesar itu, hanya bisa menampung 3 sampai 5 ml ASI. “Kalau mau terus diurut sampai punggung bawah tidak apa-apa. Bisa juga dengan mengurut pundak dan betis agar ibu merasa nyaman,” sambung dr Jeanne. Apabila bayi mengalami periode-periode yang sudah jelas terlihat bahwa mereka sedang menelan atau meneguk ASI.

Kadang suplemen atau jamu yang disebut ‘obat herbal’ pun bisa mengakibatkan efek samping. Di hari pertama menyambut kelahiran bayi, biasanya timbul rasa khawatir akan kecukupan ASI. Pikiran negatif ini pun membuat ibu tergoda untuk memberikan susu method untuk menutup kebutuhan si kecil. Kandungan bahan alami dalam baby oil ini dapat membantu melembapkan kulit.

Comments are closed.