Rumahsakit Penuh, 23 Pasien Covid Meninggal Di Perjalanan

Rumahsakit Penuh, 23 Pasien Covid Meninggal Di Perjalanan

Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati, Jakarta Selatan, bahkan sudah tidak menerima pasien selain dengan keluhan Covid-19. RSUD Fatmawati saat ini hanya menerima pasien dengan terkonfirmasi Covid-19 dengan gejala sedang, berat, dan kritis. Kebijakan ini diambil karena peningkatan pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan mencegah penularan meluas.

Bisnis.com, JAKARTA – Kondisi rumah sakit rujukan Covid-19 di Ibu Kota semakin mengkhawatirkan di tengah fenomena peningkatan jumlah pasien Covid-19 yang signifikan dalam beberapa hari terakhir. Karena itu, kata Anies, Pemprov DKI Jakarta bekerja sama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kapasitas rumah sakit untuk tangani Covid-19. Termasuk, kata dia, membuat rumah sakit sementara seperti di Wisma Haji untuk menampung pasien yang belum mendapatkan kamar perawatan. Suara.com – Ribuan warga Jakarta yang saat ini sedang sakit, termasuk terpapar Covid-19, belum tertangani oleh petugas rumah sakit karena mayoritas ruang rawat inap rumah sakit sudah penuh.

“Bapak Menteri Kesehatan dan jajaran TNI dan Polri telah melakukan berbagai langkah-langkah, bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi DKI, termasuk didukung oleh seluruh pimpinan rumah sakit COVID di Jakarta,” kata Doni. “Sementara ada forty seven rumah sakit COVID di Jakarta yang jumlah bed-nya untuk ICU itu di atas 10,” kata Doni. “Dari 32 RSUD ada 13 yang menjadi RS khusus Covid-19, seperti RSUD Kramat Jati ini. Lalu 19 RSUD lainnya 60% kapasitas itu disiapkan untuk Covid-19, 40% untuk penyakit lain,” tambah Anies Baswedan. “Iya sudah melampaui 50 persen perlu disiagakan untuk yang dirawat dan diisolasi, nanti tentu pasien yang dirawat akan terus berputar,” kata dia. Menurut Syahril, pihaknya telah menyiapkan 50 tempat tidur untuk ruang rawat inap dan 10 tempat tidur untuk ruang IGD.

“Dengan catatan, pasien Covid-19 masih dapat diterima di RSUP Fatmawati apabila kapasitas IGD masih tersedia,” ujar Kepala Bagian Hukum, Organisasi, dan Humas RSUP Fatmawati, Iwan Rusmana, saat dihubungi Republika.co.id, Rabu (23/6). Sedangkan untuk ruang PICU/NICU/Perina, disediakan 163 tempat tidur dan telah terpakai 103 unit. Dia menyebut antrean di IGD memang sudah terurai, tapi tempat tidur dan kamar isolasi dan ICU pasien Covid-19 masih padat. “Jadi kalau lihat situasi ini tren penurunan itu nyata terlihat, tapi situasi ini masih jauh dari perfect Link Kong4D,” kata Anies.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti membeberkan kapasitas tempat tidur untuk pasien Covid-19 di sejumlah rumah sakit DKI Jakarta sedang dalam kondisi kritis. Dokter Spesialis Paru dari Rumah Sakit Persahabatan, Erlina Burhan menuturkan, pihaknya terpaksa menolak puluhan pasien rujukan dari sejumlah rumah sakit lantaran tempat tidur yang dipersiapkan sudah penuh terisi. Dilansir Kompas.com dari Instagram Pemprov DKI Jakarta @dkijakarta, terdapat 21 rumah sakit rujukan untuk pasien yang disebut kasus kejadian ikutan pasca imunisasi . Di dalam KMK tersebut, turut mengatur bahwa pasien positif tidak harus menunggu 2 kali negatif dari pemeriksaan RT-PCR untuk selanjutnya diperbolehkan pulang. Apabila dokter telah melakukan observasi dan hasilnya baik, maka pasien bisa pulang dan melanjutkan isolasi mandiri di rumah. Kadir menjelaskan kendati angka kenaikan kasus positif COVID-19 terus meningkat, tidak kemudian semuanya dirawat di RS.

Rumah sakit di Jakarta sudah penuh

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hari Rabu (9/9) memutuskan untuk memberlakukan kembali pembatasan sosial berskala besar mulai Senin mendatang (14/9) setelah kenaikan kasus Covid-19 yng terjadi terus menerus. Menanggapi hal ini, Wiku pun sepakat bahwa langkah pengetatan harus diambil apabila di sebuah daerah, kasus corona tidak terkendali. Pencatatan itu dilakukan selama Desember 2020 hingga awal Januari 2021 secara nasional. Hanya saja, laporan yang masuk didominasi oleh warga di sekitar Jabodetabek. Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, prognosis, atau perawatan.

7 dari 67 ICU dan ruang isolasi nya penuh a hundred persen,” ungkap Wiku dalam telekonferensi pers di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (10/9). Kebanyakan rumah sakit di Jakarta yang menjadi rujukan kasus COVID-19 kini kondisinya sudah diambang batas penuh. Penuhnya kapasitas rumah sakit dan sulitnya mencari rujukan bagi pasien COVID-19 mendapat ruang ICU dikeluhkan banyak tenaga kesehatan. Weningtyas beralasan laju penambahan kasus konfirmasi positif Covid-19 di DKI Jakarta tidak dapat disusul oleh peningkatan kapasitas tempat tidur di seluruh rumah sakit rujukan Covid-19. Seperti diketahui, Pemerintah DKI menyiapkan one hundred and one rumah sakit rujukan Covid-19.

Comments are closed.