Perawatan Setelah Melahirkan

Perawatan Setelah Melahirkan

Kalau masih terasa sakit atau nyeri sebaiknya jangan berolahraga dulu, tapi kalau sudah tidak sakit boleh melakukan olahraga. Biasanya gurita yang digunakan akan dililit dengan kencang agar perut kembali rata, tapi hal ini malah bisa mengganggu pernapasan dan membuat seseorang sulit untuk bernapas secara normal. Tapi jika seorang perempuan sudah menopause, maka hormon estrogen semakin berkurang sehingga mengakibatkan rahim mulai lemah atau turun yang disebut dengan prolapse uterine. Yang tak kalah penting, pastikan si kecil masih dalam jangkauan Anda selama pijat. Mintalah bantuan orangtua atau mertua untuk mengasuh si kecil sementara waktu setidaknya sampai Anda selesai dipijat.

Oleh karena itu, ibu perlu mengetahui cara bijak untuk merawat diri. Jika ibu kehilangan banyak darah, dehidrasi selama persalinan, atau anemia setelah melahirkan, dibutuhkan beberapa hari atau minggu agar Anda dapat kembali dalam kondisi semula. Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists , pijat perineum baik antepartum atau selama persalinan tahap kedua, dapat menurunkan resistensi otot dan mengurangi kemungkinan laserasi.

Keduanya mengandung antialergi dan dilengkapi dengan formulation lembut yang terbukti secara klinis. Pastikan juga ibu sudah keluar dari kamar mandi sebelum menggunakan produk yang mungkin licin. Untuk membantu mencukupi kelembapan kulit dan untuk meluangkan waktu sejenak untuk diri sendiri, mandilah atau berendam.

Ibu pijit usai melahirkan

American Pregnancy Association juga menjelaskan bahwa pijat pasca melahirkan penting untuk dilakukan dan memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Pijatlah dengan gerakan bentuk huruf U lakukan pemijatan ke arah luar perineum dengan gerakan seperti proses kepala bayi pada saat akan lahir. Setelah pemijatan selesai Anda lakukan, kompres hangat jaringan perineum Anda selama kurang-lebih 10 menit. Kompres hangat ini akan meningkatkan sirkulasi darah sehingga otot-otot di daerah perineum kendur. Peningkatan tekanan pada pembuluh darah utama oleh rahim yang berat dan ketidakseimbangan hormon dapat menyebabkan retensi air dan pembengkakan pada persendian.

Selain membantu melembapkan kulit ibu, mandi atau berendam akan membantu untuk mengendurkan otot-otot yang terasa nyeri. Formula kaya dan lembut dari JOHNSON’S® baby TOP-TO-TOE wash dapat membantu memelihara dan melembutkan kulit Anda untuk melindunginya dari kekeringan. Otot ibu cenderung tegang karena sering mengangkat, membawa, menyusui, mengayun dan menenangkan bayi Anda sepanjang siang (dan malam!). Kini waktunya untuk merawat diri dengan meminta pasangan Anda memijat Anda. Jika mempekerjakan orang lain tidak mungkin menjadi pilihan, sederhanakan dan kurangi tugas-tugas rumah tangga yang perlu ibu lakukan. Misalnya, alih-alih memasak makanan setiap malam, buatlah makanan dengan porsi lebih banyak yang dapat dimakan untuk malam berikutnya.

Kondisi ini biasa disebut baby blues dan akan berlangsung selama 2 minggu sejak hari pertama melahirkan atau bahkan bisa mengalami kondisi yang lebih serius yakni depresi postpartum . Dokter mungkin juga akan melakukan pemeriksaan panggul untuk melihat apakah ada plasenta yang tersisa di rahim dan apakah ada luka pada rahim yang perlu dijahit. Meskipun pendarahan biasa terjadi pada hari pertama usai persalinan, tidak menutup kemungkinan kondisi itu berlanjut hingga 12 minggu setelah melahirkan. Pijat setelah operasi caesar boleh saja dilakukan dengan catatan harus menunggu luka mengering dan dilakukan dengan aman dan lembut. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter kebidanan Anda bila merasa ragu dengan kondisi luka operasi, sekaligus untuk memastikan waktu yang tepat untuk melakukan pijat. Usai menjalani operasi sesar, rasa sakit yang ditimbulkan memang tak terhindarkan karena operasi tersebut termasuk operasi besar.

Jumlah cairan yang dikeluarkan oleh vagina bisa berubah-ubah sepanjang siklus Anda. Selama masa ovulasi, biasanya vagina mengeluarkan hingga dua sendok teh cairan yang encer dan jenih untuk memudahkan sperma masuk ke sel telur. Sedangkan, sebelum menstruasi, cairan tersebut bisa lebih kental dan pekat. Prinsip kerja dari ROMEO yaitu memberi tekanan pada titik-titik di sepanjang tulang belakang dan memberikan relaksasi pada ibu. Sehingga dengan menggunakan sensor infra merah sebagai sensor untuk membantu relaksasi dan motor DC sebagai penggerak bulatan-bulatan yang kerjanya secara sirkuler . GIGEL.ID adalah marketplace khusus penyewaan barang kebutuhan ibu dan anak terpercaya di Indonesia dengan tujuan untuk memberikan solusi terbaik bagi buyer kami.

Comments are closed.