Ideas Menggunakan Breast Pump Agar Asi Melimpah

Ideas Menggunakan Breast Pump Agar Asi Melimpah

Namun agar ASI cukup untuk bayi dan tubuh ibu menyusui tidak mudah lemas, nutrisi penting seperti protein, karbohidrat, vitamin, dan mineral harus dipenuhi. Dalam website Ikatan Dokter Anak Indonesia menyebutkan jika ibu menyusui membutuhkan zat gizi mikro untuk membantu produksi ASI. Zat gizi mikro ini adalah vitamin , dan mineral agar tubuh bayi tumbuh optimum.

Beri tahu dokter jika Moms mengalami rasa sakit saat terjadi rangsangan di payudara. Stimulasi tersebut menyebabkan dua hormon penting untuk ibu menyusui dilepaskan ke aliran darah. Namun, produksi ASI juga dapat ditingkatkan dengan cara merangsang payudara. Daun katuk dianggap sebagai salah satu makanan yang dapat meningkatkan produksi ASI. Namun, saat hal tersebut tidak terjadi, Mom dapat meningkatkan produksi ASI dapat dilakukan dengan makan sayuran dan buah. Karena cara ini dapat dianggap paling efisien untuk meningkatkan suplai ASI ke dalam tubuh bayi.

Maka tak perlu khawatir mari kita simak beberapa informasi yang akan kami berikan kali ini. Mungkin selama kehamilan, camilan jadi teman setia saat santai. Di masa menyusui pun camilan tetap disarankan tetapi pilih camilan yang mampu mendorong produksi ASI seperti kue laktasi. Kue atau kukis ini biasanya dijual di pasaran dengan rasa nikmat.

Sebisa mungkin, hindari merasa terlalu cemas, stres, bahkan depresi selama masa menyusui. Bukan saat pagi, siang, dan sore hari saja, sebaiknya biarkan bayi menyusu di malam hari bila ia menginginkannya. Sementara itu, ibu bisa merasa kewalahan karena ASI terus-terusan mengalir keluar dari payudara ketika sedang tidak menyusui. ASI yang terlalu banyak dapat disebabkan oleh produksi yang berlebih.

Contohnya begini, jadwal menyusui bayi yakni selama 3-4 jam terhitung dari awal menyusu sampai waktu menyusu berikutnya. Selain mengonsumsi sumber kalori, ibu juga perlu makan makanan tinggi protein untuk menambah komposisi lemak di dalam ASI agar lebih kental. Akibatnya banyak ibu berhenti menyusui beberapa hari dan menggunakan susu formula selama luka di putingnya belum sembuh. Substitusi dengan susu method menyebabkan produksi ASI berkurang. Cobalah beberapa posisi dan lakukan yang paling pas untuk Anda. Bila posisi menyusui benar, seharusnya menyusui tidaklah sakit.

Tips agar asi melimpah saat menyusui

Adanya stimulasi atau rangsangan yang sama pada kedua sisi payudara dapat menjadi cara untuk memperlancar produksi ASI. Seperti yang juga dijelaskan di dalam Mayo Clinic, perlekatan yang pas selama menyusui dapat menjadi cara tepat untuk memperlancar produksi ASI. Jika selama menyusui ASI tidak keluar terlalu banyak dan berbeda dengan saat dipompa, mungkin perlekatan yang dilakukan bayi selama ini kurang tepat.

Saat produksi ASI berlebih, ibu bisa pula memompa kedua payudara hingga air susu habis. Lantas, ASI disimpan dalam wadah khusus di kulkas untuk persediaan saat dibutuhkan. Setelah memompa ASI itu, ibu cukup menyusui bayi sebanyak 2-4 kali dengan satu payudara saja.

Tak hanya soal makanan saja, Moms juga harus banyak minum air. Sama seperti kondisi Moms yang menyusui langsung, tentunya Moms yang memerah ASI atau menggunakan pompa untuk menyusui harus minum air sebanyak 6-8 gelas tiap harinya. Pada saat menyusui, ada baiknya Moms menghindari minuman yang mengandung kafein seperi kopi, teh atau soda. Karena pada prinsipnya tubuh akan memproduksi ASI sesuai dengan kebutuhan bayi. Jadi, jika Mommy rutin menyusui si kecil setiap 2-3 jam, payudara akan mengirim perintah ke otak untuk memproduksi ASI sebanyak dengan kebutuhan tersebut. area hormon prolaktin bekerja dalam menstimulasi produksi ASI jika terus menyusui.

Comments are closed.