Bumil Ingin Melahirkan Secara Normal? Baca Dulu Tipsnya

Bumil Ingin Melahirkan Secara Normal? Baca Dulu Tipsnya

Namun setelah berkonsultasi dengan dokter kandungannya, sang dokter melihat bahwa kondisi istrinya memungkinkan untuk menjalani VBAC. Teknik pernapasan sangat penting dalam persalinan, dan pilates menjadi pilihan untuk membantu Anda mengolah napas saat menghadapi prsalinan. Otot perut lebih kuat serta meningkatkan stamina saat persalinan. Saat ini sedang hamil satu bayi dan punya riwayat satu kali operasi caesar, tetapi bukan dengan sayatan vertikal atau bentuk T di perut. Kalau memungkinkan, kamu bisa meminta seseorang agar bagian perineum ditekan dengan handuk hangat. Memang, hal ini jarang dilakukan para ibu mengingat proses persalinan sendiri sudah membuat panik.

Moms tentu menginginkan proses melahirkan regular yang lancar, mudah, dan tubuh tetap bugar, bukan? Selain pilihan melahirkan di rumah sakit atau klinik, saat ini pilihan untuk melahirkan di rumah kembali populer. Sebelum memutuskan untuk melahirkan di rumah, pastikan kondisi Anda memungkinkan untuk persalinan regular. Selain itu, Anda juga harus tetap dibantu oleh tenaga kesehatan profesional.

Laju pernapasan mengalami percepatan seiring dengan peningkatan kontraksi, coba ambil dan keluarkan napas perlahan melalui mulut. Jika memungkinkan, mintalah seseorang untuk menekan bagian perineum dengan handuk hangat untuk menjaganya tidak robek ketika kepala bayi mendorong keluar. Meski jarang dilakukan, tapi sebenarnya cara ini cukup efektif.

Tips agar bisa lahiran normal

Ibu dapat melakukan cek kesehatan perut di Tummypedia satu kali setiap hari. ASI adalah terbaik bagi buah hati, Bebeclub sangat mendukung pemberian ASI. Saat Anda menyusui, harap memperhatikan asupan nutrisi yang sehat dan seimbang. Melahirkan adalah tahap akhir dari kehamilan yang selalu dinanti-nantikan oleh para orang tua.

Proses persalinan pun dapat cepat dilakukan karena pembukaan jalan lahir yang tidak memakan waktu lama. Memanfaatkan kursi goyang saat menunggu persalinan juga dapat Ibu lakukan supaya cepat melahirkan. Ibu dapat duduk di kursi goyang dan berayun di atasnya untuk merangsang rotasi serta turunnya bayi ke jalan lahir. Ajaklah pasangan untuk mengobrol hal yang menyenangkan untuk menambah rasa rileks.

Dengan melakukan gerakan setengah duduk, juga dapat merangsang janin untuk segera turun ke jalan lahir. Supaya cepat melahirkan, Ibu juga dapat mencoba gerakan berdiri dengan dua kaki terbuka. Gerakan ini dapat dilakukan sambil bersandar di tembok atau tanpa bersandar, tergantung dari kemampuan ibu hamil. Sama seperti poin pertama, posisi ini dapat membantu janin membuka jalan lahir dengan pengaruh gaya gravitasi bumi. Saat proses persalinan regular, ibu akan berjuang dengan mengerahkan tenaga dahsyat untuk melahirkan. Nutrisi yang cukup selama masa kehamilan akan menjadi amunisi terpenting supaya ibu dapat melahirkan dengan lancar.

Tujuannya agar perut tidak sampai terlalu kenyang, yang justru memicu mual-muntah di fase terakhir persalinan. Hasil penelitian dari Universitas California, camilan juga bisa menambah cairan pada pembuluh darah sehingga punya pengaruh dalam mempercepat persalinan. Tahap pertama merupakan tahap pembukaan di mana ditandai dengan keluarnya lendir bercampur darah karena serviks mulai membuka dan mendatar. Pecahnya pembuluh darah kapiler sekitar karnalis servikalis karena pergeseran ketika serviks mendatar dan terbuka merupakan penyebab keluarnya darah.

Cari pendapat yang lain jika ibu hamil merasa tidak nyaman atau membutuhkan seseorang yang lebih mendukung. The American Congress of Obstrectians and Gynecologist menganjurkan agar ibu hamil dapat melakukan latihan atau olahraga ringan. Ini untuk meminimalisir keluhan-keluhan yang diakibatkan perubahan hormonal dan membuat Anda tetap bugar. Perbanyaklah makan makanan yang bisa meningkatkan produksi ASI seperti sayuran Katuk dan Bayam bila perlu konsumsi obat pelancar ASI.

Dalam beberapa kasus yang cukup parah, tindakan operasi pengangkatan rahim mungkin harus dilakukan oleh dokter, sehingga kemungkinan besar Anda tidak bisa hamil lagi. Bayi makrosomia, yaitu berat badan lahir bayi lebih dari four.000 gram. Memiliki bekas sayatan berbentuk garis horizontal di bagian bawah perut pada operasi caesar sebelumnya. Menjelang kontraksi datang, biasanya dokter atau suster akan menginformasikan waktu untuk mengejan. Saat kontraksi hilang, minta suster mengusap pusar supaya kontraksi kembali datang. Lalu, apa saja hal yang bisa dilakukan oleh seorang ibu yang melahirkan agar dapat cepat pulih?

Sebelum memutuskan untuk menjalani persalinan regular, sebaiknya Mums melakukan pertimbangan yang matang. Langkah pertama yang bisa Mums lakukan adalah memastikan kehamilan dalam kondisi sehat dan tidak mengalami kelainan. Kondisi kesehatan Mums dan si Kecil harus menjadi pertimbangan utama saat memilih persalinan normal. Mums bisa berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan kondisi kesehatan lebih lanjut. Bila Anda sudah mulai merasakan gerakan janin, tentu Anda merasa khawatir ketika gerakan janin tidak terasa. Namun, sebenarnya bayi juga memiliki waktu tidur dan waktu bergerak di dalam kandungan.

Comments are closed.