Asi Sedikit? Ini 5 Hal Yang Harus Bunda Lakukan Agar Asi Lancar!

Asi Sedikit? Ini 5 Hal Yang Harus Bunda Lakukan Agar Asi Lancar!

HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya. Ada sejumlah suplemen dan obat-obatan yang bisa merangsang produksi ASI. Namun, sebelum mencoba semua ini, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau bidan terlebih dahulu. Bahkan tak jarang mereka membekali setiap ibu yang baru melahirkan dengan suplemen penambah ASI.

Posisi menyusui juga berpengaruh terhadap kualitas produksi ASI. Untuk itu, ibu harus banyak mencari referensi cara menyusui bayi yang benar. Bisa juga bertanya kepada bidan atau orang yang telah berpengalaman. Mengonsumsi makanan yang tinggi protein juga direkomendasikan karena dapat menambah komposisi lemak yang bisa membuat ASI lebih kental. Sumber protein terbaik, seperti telur, susu, keju, ayam dan ikan.

Dari kedekatan tersebut, otak akan bereaksi untuk menghasilkan lebih banyak ASI. Cara memperbanyak ASI ini bahkan sudah didukung oleh beberapa negara sebagai salah satu metode menyusui yang efektif, lho. Sumber asam amino di dalam buah alpukat pun mampu menyusun protein, sehingga membantu pertumbuhan sel dalam tubuh mama dan bayi selama proses memberikan ASI. Saat menyusui, tak jarang para Mama memiliki keluhan umum seperti seringkali lapar karena kebutuhan kalori yang meningkat. Jeruk termasuk buah yang mudah sekali ditemui saat ingin dikonsumsi oleh ibu menyusui agar ASI dapat lancar. Perlu diketahui bahwa buah jeruk memiliki sumber vitamin yang sangat baik, sehingga sangat dibutuhkan oleh ibu menyusui.

Idealnya ibu harus memompa ASI dua sampai tiga kali dalam sehari di kantor. Tentu hal ini sesuai dengan konsep ASI yang provide and demand. Umumnya, ibu menyusui membutuhkan 500 kalori lebih banyak daripada yang tidak menyusui.

Tips agar asi melimpah saat menyusui

Mengonsumsi buah yang banyak mengandung air seperti pear sangat disarankan. Bisnis.com, JAKARTA – Ibu menyusui mungkin bimbang saat akan menjalankan ibadah puasa. Pasalnya, muncul pemikiran saat berpuasa tubuh yang kekurangan cairan dan asupan nutrisi akan mempengaruhi kualitas air susu ibu . Selain mengonsumsi makanan pelancar ASI dan menghindari beberapa jenis makanan penghambat ASI, sebaiknya Anda juga tetap menjaga asupan gizi seimbang. Jangan lupa untuk diimbangi dengan aktivitas fisik teratur, serta menghindari stress. Ketika ibu menyusui, ibu membutuhkan protein sebanyak 20 gram lebih banyak dibanding dengan biasanya.

Beberapa posisi menyusui yang bisa ibu lakukan yaitu dengan berbaring miring di atas tempat tidur. Selain itu, mulut bayi pun harus menempel dengan benar pada payudara ibu. Terlalu banyak hormon prolaktin dalam darah yang bisa merangsang produksi susu. Perubahan kadar hormon ini dapat menghasilkan jumlah susu yang tidak sesuai kebutuhan.

Ketika ASI kurang lancar atau sulit diperah, payudara Anda akan membengkak. Untuk meredakan bengkaknya, Anda bisa mengompresnya dengan handul yang sudah dibasahi dengan air hangat atau mudahnya mandi air hangat. Kontak saat pertama kali si kecil menghirup udara di luar perut Ibu adalah salah satu hal yang dapat membuat ASI lancar. Dan ketika bayi lahir prematur, usahakan untuk tetap mendapatkan kontak kulit dengan si kecil. Jika Anda belum mendapatkan kontak dengan bayi Anda, coba dengan melihat foto bayi Anda, mendengarkan rekaman suara tangisnya atau mencium bau tubuhnya.

Saat prolaktin diproduksi, Bunda merasa rileks dan mengantuk. Sedangkan hormon oksitosin membuat kontraksi otot rahim dan otot sekitar alveoli, yang membuat ASI mengalir. Menyusui setiap satu setengah sampai dengan dua jam di siang hari dan setiap tiga jam sekali ketika malam hari itu penting untuk bayi.

Jadi, biasakan agar bayi lebih sering menyusui langsung dari payudara ibu. Hypnobreastfeeding adalah stimulasi mengeluarkan air susu dengan cara membayangkan seolah-olah ASI keluar dengan deras. Dengan menggunakan metode Hypnobreastfeeding akan membantu para Ibu lebih termotivasi dalam pikiran bawah sadar dan akan memudahkan ASI keluar dengan mudah.

Comments are closed.