5 Langkah Persiapan Sebelum Ibu Melahirkan Regular

5 Langkah Persiapan Sebelum Ibu Melahirkan Regular

Misalnya, ketika proses persalinan berjalan terlalu lambat dan ibu sudah terlalu lelah untuk mengejan. Meski begitu, metode ini berisiko menyebabkan efek samping berupa luka dan perdarahan di vagina, serta luka atau lecet di kepala bayi. Melansir Verywell Family, manfaat berdiri dan jalan kaki ringan menjelang persalinan juga membantu meningkatkan tekanan pada serviks dan mendorong bayi untuk turun ke panggul. Usahakan memilih rumah sakit dan dokter yang punya riwayat berhasil melakukan prosedur VBAC. Dengan begitu, Anda termotivasi secara fisik dan mental untuk berhasil menjalani persalinan tersebut.

Karena itu ketika ibu melakukan pemeriksaan kehamilan maka ketahui apakah posisi bayi sudah siap sesuai dengan usia kandungan. Untuk mendapatkan posisi bayi yang ideal dan mendukung persalinan regular maka ibu hamil harus tetap aktif. Cara ini harus dilakukan bersama dengan pendamping medis selama persalinan. Ketika ibu ingin melahirkan di rumah sakit atau rumah bersalin, maka jangan berhenti bergerak agar bisa melahirkan secara normal. Ibu harus tetap bergerak sambil mengelola rasa sakit dengan baik.

Namun, terkadang diusia kehamilan yang sudah tua membuat kita malas bergerak . Tetapi, kita perlu mempertimbangkan keuntungan yang kita dapatkan dari berhubungan seks. Jadi ayo semangat bunda nanti pada saat nifas libur hubungannya lumayan lama loh. Tapi bukan jalan yang terlalu cepat dan naik turun tangga ya bunda. Karena untuk urusan naik turun tangga ini bunda yang sedang hamil harus sangat berhati-hati. Karena gerakan naik turun tangga dapat memicu kontraksi rahim.

Selain itu sperma juga mengandung prostaglandin yang bisa membantu melunakkan leher rahim yang dapat mempercepat proses persalinan. Mama tentu tahu hal ini karena hampir sebagian perempuan hamil di Indonesia menyarankan untuk banyak berjalan kaki menjelang persalinan tiba. Kelahiran melebih waktu HPL memang umum terjadi, namun tahukah Mama bahwa ada cara yang bisa dilakukan untuk membantu persalinan agar berjalan lancar dan cepat. Namun penting bagi setiap ibu untuk mencari tahu penyebab dan cara mengatasinya.

Dengan melakukan itu, otot perut, panggul, dan paha akan semakin kuat. Elastisitas jalan lahir juga meningkat, sehingga proses melahirkan lebih lancar. Jelang proses melahirkan, Mums bisa melakukan berbagai persiapan fisik dan psychological untuk mendukung kelancaran persalinan.

Tips lancar lahiran secara normal

Hal ini karena gerakan aktif Bunda dapat membantu bayi masuk ke jalan lahir dengan benar. Ibu hamil hanya perlu melakukan olahraga ringan untuk menjaga kesehatan serta berat badan selama kehamilan. Kondisi yang sehat akan mengoptimalkan tubuh ibu dan bayi sebelum menghadapi prosedur VBAC. Misalnya olahraga dengan health club ball yang berfungsi melenturkan space pinggang, pinggul, serta miss V, sehingga proses melahirkan lebih cepat tanpa perlu berlama-lama merasakan kontraksi. Ketika ibu hamil sudah merasakan kontraksi yang menjadi tanda akan melahirkan dalam waktu dekat, maka jangan langsung ke rumah sakit. Ibu hamil harus tetap tenang selama tidak adaciri ciri air ketuban pecah merembesatauketuban pecah dini.

Comments are closed.