3 Cara Sukses Produksi Asi Melimpah Untuk Ibu Menyusui

3 Cara Sukses Produksi Asi Melimpah Untuk Ibu Menyusui

Merangsang produksi ASI ternyata bisa dilakukan sejak masa kehamilan. Ketika memasuki trimester ke-3, Anda bisa mulai rajin membersihkan puting susu agar jalan keluar ASI menjadi lebih lancar. Caranya, bersihkan puting payudara hingga ke bagian lipatan puting dengan baby oil sebelum mandi. Setelah itu bersihkan dengan air dan sabun lalu keringkan dengan baik. Dengan begitu hormone oksitosin dapat merangsang payudara untuk berkontraksi, sehingga ASI akan dilepaskan dengan lancar dan menghasilkan ASI yang berlimpah untuk si Kecil.

Sehingga membantu pertumbuhan sel dalam tubuh ibu dan juga bayi selama proses menyusui. Fenugreek berfungsi sebagaigalactogogue, yaitu penstimulasi kelenjar di payudara untuk memproduksi ASI lebih banyak. Oleh karena itu, fenugreek yang digunakan dalam takaran yang tepat akan membantu ibu menyusui.

Tips agar asi melimpah saat menyusui

Keadaan psikologis ibu yang tertekan, sedih dan tegang akan menurunkan quantity ASI. Menurut pengalaman pribadi, obat-obatan tidak banyak berpengaruh. Saya dibelikan MOLOCO dan LACTAMOM oleh suami, masing-masing 1 dus. Ada banyak teman yang cocok dan ASI nya menjadi lancar, tapi saya sendiri tidak cocok, terbukti tidak ada peningkatan signifikan. Maka sebaiknya bunda memperhatikan empat kunci utama yang saya bagi di atas, terutama faktor stress.

Itu lebih baik dibandingkan Anda mengkonsumsi makanan langsung banyak namun tidak teratur. Agar ASI keluar banyak, jangan lupa perbanyak mengkonsumsi air putih setiap hari. Sebab dibandingkan dengan orang dewasa lainnya, ibu menyusui membutuhkan lebih banyak asupan cairan.

Tentunya itu semua karena niat dan semangat hingga saya bisa melakukannya. Perlu diingat bahwa Moms jangan membandingkan kelancaran ASI dengan Moms yang lainnya, karena tubuh setiap wanita pasti berbeda-beda. Jadi, jangan menyerah dalam memberikan ASI eksklusif, karena seberapa pun jumlah ASI yang diberikan, ASI tersebut akan memberi banyak manfaat untuk si Kecil.

Untuk menghangatkannya, Bunda bisa menggunakan penghangat ASI elektrik atau rendam dalam mangkuk berisi air hangat. Jika setelah memerah ASI Bunda lupa untuk menyimpannya di dalam kulkas, jangan terburu-buru membuangnya ya. Pasalnya, ASI yang disimpan dalam suhu ruang juga bisa bertahan selama beberapa jam. Ketika si kecil menempel di payudara Bunda dan memasukkan areola ke mulutnya, sel saraf di payudara akan mengirimkan sinyal ke otak untuk melepaskan oksitosin.

Caranya, ibu bisa melakukan posisi duduk sambil bersandar ke depan, kemudian sisi tulang belakang dipijat menggunakan kepalan tangan dengan ibu jari menunjuk ke depan. Lakukanlah pijatan dengan gerakan melingkar dan tekanan yang cukup kuat. Kemudian pijat tulang belakang ke arah bawah dari leher hingga tulang belikat. Tak perlu waktu lama, pijatan dalam waktu dua hingga tiga menit pun sudah bisa memberikan efek positif untuk kelancaran produksi ASI.

Jadi di ajari oleh suster2 di sana untuk memperjuangkan pemberian ASI bagi putera saya. Setelah 2 Bulan lamanya di RS, bayi saya di perbolehkan pulang dan di haruskan kontrol echocardiography secara rutin di Salah satu dokter jantung anak di surabaya. Memang Kebutuhan kalori ibu menyusui lebih banyak yaitu sekitar 2500 kalori . Tidak berbeda denga wanita lain,Ibu menyusui yang terlalu banyak makan tentu saja akan gemukbila makan berlebihan, melebihi kalori yang dibutuhkan. Untuk mengetahui jenis makanan yang diperlukan ada baiknya para wanita hamil atau menyusui mulai memperhatikan jenis dan jumlah asupan makanannya. Salah satu kandungan kurma adalah trytophan yang dapat memicu hormon seratorin serta meningkatkan hormon prolatin yang bermanfaat untuk memperlancar ASI.

Metode pijat oksitosin atau pijat punggung bermanfaat untuk memperlancar keluarnya ASI. Gerakan pijatan ini memicu hormon prolaktin dan oksitosin yang mendukung produksi ASI. Hormon oksitosin membuat payudara berkontraksi sehingga dapat melepas ASI dengan lebih lancar. Tidak hanya itu, pijatan dapat pula mengurangi keluarnya hormon kortisol yang biasa dikeluarkan tubuh saat Anda mengalami stres. Dengan ditekannya hormon kortisol, pengeluaran hormon prolaktin dan oksitosin menjadi tidak terganggu.

Mau tidak mau, working moms harus memompa ASI untuk kebutuhan si kecil. Oleh sebab itu, untuk memenuhi hak anak akan ASI, ibu harus berkomitmen untuk memerah ASI selama berada di luar rumah. Tak hanya banyak, ASI yang dihasilkan juga harus berkualitas. Oleh sebab itu, ibu menyusui juga harus menjaga nutrisi yang masuk. Lemak baik yang terdapat dalam alpukat, ikan salmon, dan telur ternyata bisa membantu meningkatkan kualitas ASI.

Comments are closed.