Pentingnya Perawatan Terpadu Pasca Melahirkan

Pentingnya Perawatan Terpadu Pasca Melahirkan

Untuk luka pasca operasi caesar, jaga kebersihan jahitan serta oleskan salep antiseptik sesuai anjuran dokter bila perlu. Alternatif lainnya adalah dengan melakukan pijat laktasi dan oksitosin, tujuannya untuk merangsang produksi hormon oksitosin untuk meningkatkan produksi ASI secara alami. Pasca melahirkan secara regular, vagina mungkin akan terasa nyeri tergantung dari robekan yang terjadi serta mengalami pendarahan. Kehamilan bisa membuat stres karena selama berbulan-bulan tubuh Anda mengalami banyak perubahan. Pijat usai melahirkan hanyalah peremajaan yang dibutuhkan tubuh untuk melepas lelah dan mengatasi stres.

Terkadang, dokter akan meresepkan obat selain merekomendasikan antihistamin sebagai cara untuk memutus siklus gatal-dan-garuk yang dapat membuat seseorang terjaga di malam hari. Contoh obat ini mungkin termasuk gabapentin dan selective serotonin reuptake inhibitor . Oleskan krim emolien atau penghalang ke space anus untuk melindungi dari iritasi akibat tinja atau urin. Ini mungkin disebabkan oleh dermatitis kontak, seperti dari deterjen atau sabun baru, atau dari infeksi jamur atau bakteri.

Ibu pijit usai melahirkan

Pijat ini pada dasarnya aman selama dilakukan oleh terapis yang bersertifikat dan berpengalaman. Vagina adalah salah satu tempat yang menjadi sarang bakteri karena kelembapannya. Ada pula bakteri baik yang ada di sana, yakni lactobacilli yang berfungsi menjaga keasaman vagina agar tetap berada dalam batas normal. Bila keseimbangan antara bakteri baik dan jahat terganggu, Anda bisa mengalami rasa gatal atau terbakar maupun keluar cairan yang berbau sedikit anyir. Salah satu cara untuk menjaga jumlah bakteri baik adalah dengan mengonsumsi probiotik.

Pijatan pada jaringan lunak tubuh meningkatkan sirkulasi dan menghilangkan kelebihan cairan serta racun. Oleh karena itu, perawatan pasca persalinan harus dilakukan sesegera mungkin setelah si bayi lahir. Anak memang menjadi prioritas utama, namun merawat tubuh juga tidak boleh diabaikan. Dengan minum air putih yang banyak terutama sebelum makan dapat membantu mengurai lemak dalam tubuh. Bila tubuh mengalami dehidrasi, proses metabolisme akan lebih rendah dan akan memakan waktu lebih lama dalam membakar lemak.

Dan benar, tujuan pijat perineum adalah untuk mengurangi risiko robek dan jaringan parut saat Moms melahirkan. Perineum adalah area kulit antara vagina dan anus pada perempuan serta skrotum dan anus pada pria. Pada perempuan, perineum adalah penutup pelindung untuk otot perineum yang bekerja dengan otot dan ligamen kunci lainnya untuk menahan organ panggul di tempatnya. Dengan bayi yang baru lahir di rumah, mungkin agak sulit untuk mendapatkan tidur yang nyenyak, tetapi istirahatlah sebanyak yang Anda bisa.

Jangan lupa melakukan konsultasi dengan dokter untuk mengetahui gerakan pijat yang tepat sesuai kondisi ibu dan bayi. Hal ini benar adanya karena quantity cairan tubuh mengalami peningkatan sekitar 50% saat hamil dan melahirkan. Selain itu, pembengkakan juga dipengaruhi oleh hormon, yang mengalami perubahan besar setelah melahirkan. Nah, pijat yang dilakukan oleh terapis berpengalaman dapat mengurangi hormon stres kortisol. Pijat juga dapat mengurangi biokimia alami yang terkait dengan depresi serta masalah kardiovaskular . Pijat dapat melancarkan aliran darah dan sistem limfatik yang berfungsi untuk mengeluarkan racun dari tubuh.

Postur tubuh ibu melahirkan konon akan segera kempis layaknya sebelum melahirkan. Khasiat jamu bukan saja ampuh untuk kegiatan sehari- hari bagi penggemarnya, namun juga memiliki efek yang sangat baik untuk wanita yang baru melahirkan. Mencuci rambut rutin dengan memilih produk sampo yang sesuai dengan jenis rambut.

Sementara wanita yang melahirkan melalui operasi caesar harus menunggu hinga 3 sampai four bulan sebelum pemijatan untuk memastikan luka bekas operasi sudah sembuh. Saat hamil, perut akan mengembang untuk mendukung pertumbuhan janin. Namun saat proses persalinan, maka kondisi perut tidak serta merta langsung mengempis. Bahkan rahim membutuhkan waktu four minggu untuk kembali ke ukuran normal.

Sering kali, pijat semacam ini justru menimbulkan rasa tidak nyaman pada tubuh ibu. Jika Moms ingin meningkatkan quantity produksi ASI, minta kepada terapis untuk dipijat di area payudara. Saat dipijat tubuh akan mengeluarkan hormon oksitosin dan endorfin yang mana hormon tersebut bermanfaat untuk memperlancar produksi ASI.

Beberapa wanita dengan bawaan genetik tertentu bisa mendapatkan ukuran perut yang regular beberapa minggu tak lama setelah melahirkan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mempercepat proses ini namun setiap orang akan mendapatkan hasil yang berbeda-beda. Sebagian besar ibu baru dapat mengalami post partum blues, yaitu rasa sedih dan murung setelah persalinan.

Comments are closed.