Kaki Bengkak Pasca Melahirkan? Ini Cara Pengobatan Secara Alami

Kaki Bengkak Pasca Melahirkan? Ini Cara Pengobatan Secara Alami

Perawatan ini bermanfaat untuk melancarkan ASI agar tidak tersumbat. Proses pemulihan dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan pijatan pasca melahirkan. Herti mengatakan, sang ibu juga perlu memperhatikan kondisi tubuhnya sendiri, apakah tidak ada masalah ketika akan dilakukan pijatan, serta mengetahui waktu yang tepat untuk melakukan pijat.

Alat dan bahan yang disiapkan yaitu minyak yang hangat seperti minyak gandum yang kaya vitamin E, virgin coconut oil , atau pelumas dengan larutan dasar air, misalnya jelly K-Y. Pasien yang dianjurkan untuk dilakukan pijat perineum adalah wanita hamil dengan umur maksimal sekitar 30 tahun, kemudian ibu primigravida karena jaringan di vagina lebih padat dibanding multigravida. Selanjutnya pasien dengan perineum yang kaku dan wanita yang pernah dilakukan episiotomi/pelebaran jalan lahir. Namun, bukan berarti semua wanita hamil dapat menjalani dan melakukan pijat perineum. Studi menunjukkan bahwa pijat mengurangi hormon kortisol, hormon yang berfungsi mengendalikan stres.

Para ibu juga diharapkan mengetahui tanda-tanda dan masalah yang mungkin terjadi pasca melahirkan. dr. Ivan Sondakh, Sp.OG, Dokter Spesialis Obgyn mengatakan setiap kehamilan memiliki keunikan tersendiri dan kebutuhan klinisnya dapat berubah selama periode kehamilan, persalinan dan pasca melahirkan. Perawatan Ibu setelah melahirkan harus dilakukan secara menyeluruh, baik secara fisik, psikologis, dan sosial. Saat seorang wanita memasuki masa menopause, penurunan estrogen alami dapat menyebabkan penipisan jaringan di area vagina dan perineum.

Perlu Anda pahami, pada dasarnya teknik pijat berguna untuk meningkatkan aliran darah dan membantu pelepasan endorfin yang membuat perasaan rileks. Bahkan pijat pascapersalinan dikhususkan untuk mengembalikan kekuatan otot-otot spesifik tubuh yang tegang setelah melahirkan. Pijat yang menggunakan rempah-rempah alami, minyak atau krim selulit dapat mudah diserap ke kulit dan bisa membantu untuk membakar lemak dan mengencangkan kulit. Biasanya pijat akan dipusatkan di daerah perut yang dapat membantu mengeluarkan angin dari tubuh dan menstimulasi jaringan lapisan bawah kulit.

Sangat penting bagi Anda untuk menjaga pola makan untuk menghasilkan susu yang cukup. Ini harus diperkaya dengan mikronutrien yang membantu menjaga siklus metabolisme tubuh bayi baru lahir dan memastikan perkembangan pascanatal yang tepat. Melakukan perawatan usai melalui proses persalinan yang berat adalah sebuah bentuk ‘penghargaan’ untuk diri sendiri. Dilansir dari laman Kelly Mom, anda perlu mengevaluasi cara menyusui bayi anda ketika berat badan turun sekitar 7 persen atau lebih setelah dilahirkan hingga berumur 4 hari.

Hal ini disebabkan tubuh ibu yang melahirkan telah mengalami trauma, yang baru melalui proses yang berat saat melahirkan maka dibutuhkan energi dari gizi yang seimbang untuk proses pemulihan. Pemuas dahaga terbaik adalah air, jadi minumlah sebanyak-banyaknya—sekitar 6 hingga eight gelas sehari. Cara mudah untuk selalu ingat minum adalah dengan meneguk segelas air setiap kali Anda duduk untuk menyusui bayi Anda.

Ramuan ini terdiri dari bahan-bahan alami yang memiliki khasiat penyembuhan khusus yang sangat cocok untuk wanita yang baru saja melakukan persalinan. Pijat ini biasanya mencakup pijat kepala dan pijat payudara yang masing-masing digunakan untuk meredakan sakit kepala dan meningkatkan laktasi. Akibat perubahan hormon atau karena mengalami stres setelah melahirkan mengakibatkan timbulnnya jerawat, wajah yang terlihat kusam. Lakukan perawatan wajah yang bisa merangsang regenerasi sel kulit, mengurangi peradangan akibat jerawat. Carilah klinik kecantikan yang bisa membantu untuk mengatasi masalah kulit yang dialami setelah melahirkan.

Ibu pijit usai melahirkan

Bicaralah dengan ahli food plan untuk mengetahui apa, berapa banyak, dan kapan Anda harus makan untuk menghilangkan timbunan lemak dengan cepat. Jika Anda ingin menghilangkan lemak perut yang membandel setelah melahirkan, Anda harus meluangkan waktu setidaknya dalam menit latihan kardio dan kekuatan. Namun satu hal yang perlu diingat, pastikan mengonsumsi jamu yang aman baik bagi ibu maupun bayi dan selalu konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu. Selain membuat penampilan lebih segar, mengonsumsi banyak air putih juga dapat meningkatkan produksi ASI.

Meski ibu melahirkan ingin segera menurunkan berat badan, asupan makanan bergizi untuk tumbuh kembang bayi tetap menjadi hal utama. Jika bisa memilih makanan yang tepat, maka tubuh tidak akan mudah gemuk. Pilih makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks seperti gandum dan sereal yang punya banyak kandungan nutrisi. Ketika menyusui, tubuh akan memproduksi hormon oxytoxin yang membantu relaksasi otot. Ibu yang sedang menyusui atau memompa ASI kadang dapat merasakan kontraksi.

Comments are closed.