7 Latihan Sederhana Agar Lancar Saat Proses Melahirkan

7 Latihan Sederhana Agar Lancar Saat Proses Melahirkan

Sebaiknya buatlah jadwal rutin jalan kaki sambil ditemani sang suami. Rajin bertukar pikiran atau berbagi dengan sesama bumil untuk menambah wawasan, saling memberi kekuatan dan dukungan. Karena itulah, ibu yang akan melahirkan harus mempunyai tenaga. Kekuatan atau tenaga untuk melahirkan terdiri dari his atau kontraksi uterus dan tenaga mengerang dari ibu. Lalu, ibu hamil yang memiliki riwayat diabetes dan hipertensitidak diperbolehkan melahirkan secara normal pula.

Tips agar bisa lahiran normal

Percayakan semuanya kepada dokter pilihan Anda untuk membantu Anda di sepanjang proses persalinan. Usahakan memilih rumah sakit dan dokter yang punya riwayat berhasil melakukan prosedur VBAC. Dengan begitu, Anda termotivasi secara fisik dan mental untuk berhasil menjalani persalinan tersebut. Selain itu, jangan lupa juga untuk tetap berpikir positif agar kesehatan psychological tetap terjaga. Lupakan cerita-cerita tentang pengalaman teman atau keluarga saat mereka melahirkan.

Dengan mengatur pola makan sehat dan vitamin yang cukup sesuai kebutuhan ibu hamil, maka kulit dan jaringan tubuh lain akan berfungsi secara optimal. Beberapa posisi melahirkan yang bisa Mama lakukan antara lain berbaring dengan posisi miring, duduk, atau berlutut dengan menaruh dua tangan ke arah depan di antara kedua paha. Siapkan waktu untuk bergerak santai, misalnya berjalan-jalan, dengan waktu 30 menit sehari. Selain tetap bugar, ibu hamil harus tetap bergerak di fase-fase tersebut.

Selain air putih, Anda juga bisa pilih aneka jus buah dan sayur yang mengandung banyak serat dan vitamin untuk bantu penuhi kebutuhan cairan. Bersiaplah untuk operasi caesar, meskipun perasaan calon ibu sudah yakin akan melakukan VBAC karena bisa ada kemungkinan perlu menjalani operasi caesar jika muncul komplikasi. Tujuannya adalah untuk memiliki ibu dan bayi yang sehat, bagaimana pun cara untuk mencapainya.

Biasanya, jahitan dilakukan apabila dokter melakukan prosedur episiotomi. Ini adalah prosedur menggunting area perineum untuk memperluas jalan lahir bayi. Oleh karena itu cobalah untuk olahraga persiapan persalinan dengan tidur pada posisi miring. Hal ini agar posisi bayi berubah dan siap untuk melahirkan regular. Cobalah untuk bersandar pada suatu benda untuk olahraga persiapan persalinan.

Proses persalinan mungkin akan berjalan panjang dari mulai kontraksi awal hingga pembukaan penuh. Energi yang cukup sangat dibutuhkan pada proses akhir kelahiran. Makan dan istirahat yang cukup dapat membantu Anda mengumpulkan energi. Pijat perineum dipercaya dapat menurunkan risiko terjadinya robekan jalan lahir. Anda dapat menggunakan minyak esensial seperti minyak almond untuk memijat.

Gerakan janin Anda rasakan ketika tangan atau kakinya mengenai dinding rahim. Gerakan janin bukan hanya membuat Anda merasakan keberadaan bayi di dalam perut, melainkan juga komunikasi yang penting dari bayi untuk memberitahukan kondisinya kepada ibu. Minta dukungan dari keluarga dan orang-orang terdekat agar bisa menerapkan cara melahirkan regular dengan lancar. Maka itu, Anda masih harus berusaha dengan mengejan sedikit lagi demi mengeluarkan plasenta di dalam rahim yang termasuk dari bagian cara melahirkan normal. Ketika Anda harus mengejan, tariklah napas panjang dulu sebelumnya, lalu selipkan dagu ke dada, dan condongkan tubuh ke depan seperti sedang mendorong sesuatu. Usahakan untuk merilekskan bagian panggul selama proses mengejan dan pernapasan berlangsung.

Langkah pertama sebelum melahirkan VBAC yaitu mendiskusikan rencana Anda dengan dokter spesialis kandungan. Mereka mungkin akan memeriksa riwayat medis Anda untuk menghitung peluang berhasil jika melahirkan VBAC. Sangat penting untuk terus mendiskusikan manfaat dan risiko VBAC sebelum membuat keputusan.

Namun penting bagi setiap ibu untuk mencari tahu penyebab dan cara mengatasinya. Seorang ibu hamil harus tidur setidaknya tujuh jam atau lebih setiap hari untuk persiapan persalinan yang lebih cepat dan lebih lancar. Pernapasan menjadi hal yang penting dilakukan kala melahirkan. Teknik yang benar diketahui bisa membantu wanita dalam proses persalinan untuk beradaptasi dengan rasa sakit yang lebih baik dan juga membantu dalam menenangkan. Vaginal start alias persalinan normal memang masih jadi pilihan utama para ibu.

Comments are closed.