7 Jenis Makanan Penambah Asi Lancar Serta Berlimpah

7 Jenis Makanan Penambah Asi Lancar Serta Berlimpah

Menurut penelitian tersebut, bawang putih, bawang merah, maupun bawang bombay dapat membuat rasa ASI lebih enak, sehingga bayi akan menyusu lebih banyak. Semakin sering dan semakin lama bayi menyusu, produksi ASI juga akan makin meningkat. Selain bisa membuat Busui merasa kenyang lebih lama, mengonsumsi bubur gandum atau bubur oat juga dipercaya dapat meningkatkan produksi ASI. Inilah makanan yang mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan ibu menyusui agar produksi ASI melimpah. Asparagus adalah makanan berserat tinggi yang kaya vitamin A dan K. Asparagus merangsang hormon yang bertanggung jawab untuk menyusui.

Roti dan pasta gandum yang diperkaya diperkaya dengan asam folat, dan juga memberi Anda serat dan zat besi dalam dosis yang sehat. Kacang-kacangan yang berwarna gelap, seperti kacang hitam dan kacang merah kaya akan zat besi. Kacang-kacangan ini perlu dikonsumsi karena baik untuk ASI ibu menyusui.

Apalagi tahu dan tempe terbuat dari kacang kedelai yang mengandung vitamin B6, zinc, dan serat yang membuat ASI Moms makin bernutrisi, kental, dan banyak. Yoghurt bisa menjadi pilihan yang cocok bagi ibu menyusui sebagai kudapan yang sehat dan segar. Untuk konsumsi yoghurt pun sebaiknya dibatasi, tak peduli Anda sangat suka dengan produk unik dari susu ini.

Nutrisi tinggi yang terkandung di dalam ASI berbanding sejajar dengan makanan yang dikonsumsi oleh sang ibu. Rebus hingga semua bahan menjadi lunak, lalu blender atau saring hingga menyatu dan mudah dikonsumsi buah hati. Kukus hingga matang dan biarkan sedikit dingin sebelum diberikan pada bayi. Berikan secara selang-seling dengan MPASI agar buah hati tidak mudah merasa bosan.

Sayuran satu ini memiliki kandungan laktagogum yang dapat memicu peningkatan produksi ASI. Kandungan lain dalam daun katuk adalah karbohidrat, protein, lemak, vitamin A, beberapa vitamin B, kalsium, zat besi, dan vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan tambahan. Ahli gizi mengatakan bahwa menjaga tubuh supaya tetap terhidrasi selama masa menyusui sangat penting. Sebagai rekomendasi, minum hingga 3 liter air atau lebih setiap hari guna membantu kelancaran produksi ASI.

Mengandung vitamin K, asam folat, mangan, zat besi, magnesium, kalium, riboflavin dan fosfor, kacang edamame bisa Anda olah menjadi cemilan atau masakan lainnya. Rutin dan mencukupi kebutuhan air mineral akan membantu ASI agar terus diproduksi secara teratur. Tidak hanya air mineral, minum jus tanpa gula baik buah maupun sayur akan memperbanyak ASI. Hindari minuman yang mengandung bahan kimia dan kafein karena akan berpengaruh buruk bagi bayi. Manfaat buah pepaya untuk ibu hamil serta menyusui ini, dibutuhkan jenis pepaya yang masihlah ranum ataupun masih mengkal.

Selain makanan utama, pemberian snack juga bisa diberikan sebagai selingan resep MPASI 9 bulan. Bukan hanya membantu memenuhi kebutuhan kalori, pemberian snack 1-2 kali sehari juga membiasakan buah hati dalam memiliki pola makan harian yang baik. Selain rasanya nikmat, telur memiliki manfaat yang berguna bagi tubuh. Telur bisa menjadi cara mudah untuk memenuhi asupan protein harian Anda. Telur bisa diolah dengan berbagai cara baik digoreng atau pun direbus.

Resep makanan agar asi banyak

Selain mampu menurunkan kadar stres pasca melahirkan, kacang-kacangan juga termasuk makanan yang direkomendasikan karena dapat membantu melancarkan ASI. Selain rasanya yang enak, buah ini juga sangat mudah didapatkan dan memiliki harga yang merakyat. Di antaranya bisa makan langsung, dijus, atau dicampurkan dengan buah-buahan lain dalam bentuk salad. Tidak hanya melimpah, ASI yang dihasilkan dari ibu yang mengonsumsi pare juga lebih kental sehingga membuat bayi cepat kenyang. Selain itu, makanan pelancar ASI yang mengandung kalsium ini juga efektif untuk memulihkan kondisi ibu pasca melahirkan.

Alhasil, ASI bisa mengalir dengan lancar sehingga bisa menjadi cara memperbanyak dan memperlancar produksi ASI. Berawal dari sini, para ibu menyusui mungkin termasuk Anda giat mencari cara untuk memperbanyak dan memperlancar produksi ASI. Setiap ibu menyusui tentunya ingin selalu memberikan ASI bagi bayi yang cukup agar manfaat ASI yang didapatkan bisa optimal.

Comments are closed.