4 Pilihan Olahraga Yang Bisa Dilakukan Agar Bisa Lahiran Regular

4 Pilihan Olahraga Yang Bisa Dilakukan Agar Bisa Lahiran Regular

Seluruh organ inside janin sudah semakin matang ketika mencapai usia kandungan 38 minggu dan sudah aktif bergerak sejak minggu sebelumnya. Dari keseluruhan organ, perkembangan paru-paru masih dalam tahap penyempurnaan fungsi. Sementara itu, kuku kaki serta tangan janin sudah tumbuh sempurna hingga kuku paling akhir. Anda tak akan pernah tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan sejak bukaan pertama hingga bayi lahir dengan selamat. Ada bumil yang beruntung melewati proses persalinan singkat dalam waktu kurang dari 5 jam. Tapi, tak sedikit pula yang harus mengalami proses persalinan panjang, bahkan hingga lebih dari 24 jam.

Anda dapat melakukannya dengan menjaga asupan makanan yang bergizi. Perlu diingat bahwa asupan makanan untuk ibu hamil harus memenuhi kebutuhan ibu dan bayinya agar perkembangan bayi berjalan dengan baik. Ketika kepala bayi telah keluar sempurna, Ibu akan kembali mengejan untuk mengeluarkan badan bayi seluruhnya. Setelah itu, tali pusat dipotong serta bayi dibersihkan dan ditimbang. Pecahnya ketuban ditandai dengan keluarnya air secara deras dan tiba-tiba dari vagina. Saat ketuban yang melindungi janin sudah robek, maka janin harus secepatnya dilahirkan dalam kurun waktu 24 jam.

Namun, hubungan intim saat menjelang waktu kelahiran harus dilakukan dengan relaks dan tenang. Hubungan intim juga tidak boleh dilakukan bila air ketuban Ibu sudah pecah atau dokter menyarankan untuk tidak melakukannya demi keamanan kandungan. Tips agar melahirkan normal lancar dan tidak sakit di atas sudah terbukti bisa membuat Moms lebih rileks saat melahirkan. Biarkan persalinan dimulai dengan alami, artinya seluruh bagian tubuh siap untuk menjalankan proses melahirkan. Berikut beberapa langkah yang bisa diterapkan jika ingin melahirkan normal lancar dant tidak sakit. Terkadang keinginan untuk melahirkan dengan posisi tubuh tidak konvensional belum tentu mendapatkan izin dari pihak rumah sakit.

Tips agar bisa lahiran normal

Ketika kontraksi selesai, tarik dalam sedalam-dalamnya sebanyak satu atau dua kali sembari menghela napas. Pastikan Anda fokus untuk merilekskan tubuh di setiap tarikan dan embusan napas selama pernapasan berlangsung. Umumnya, dokter atau perawat akan memberitahu kapan Mama harus mengejan. Kondisi hangat akan membuat aliran darah meningkat dan melemaskan otot sekitar perineum.

Ikan Guppy adalah ikan tropis kecil yang sangat populer dipelihara sebagai ikan hias. Mereka adalah ‘live-bearer’ yang berarti mereka memiliki pembuahan inner dan melahirkan ikan-ikan kecil. Alasan kenapa guppy sangat populer adalah karena warna-warni cerah dan sifat damai mereka.

Berendan dalam air panas membantu memerangi rasa sakit, juga memudahkan proses persalinan alami. Posisi ini dapat membantu proses mengejan karena ada gerakan usus ke bawah dan membantu perinium untuk mendorong ke bawah. Perinium adalah daerah tubuh antara anus dan vagina yang seringkali robek saat melahirkan. Air hangat dapat membantu melunakan jaringan dan otot disekitar vagina, sehingga memudahkan bayi keluar, tanpa takut terjadinya pendarahan dalam jumlah banyak.

Comments are closed.